SELAMAT DATANG DI MANDIGA

Mandiri dan Bahagia. 

Sepenggal harapan bersahaja yang ingin kami wujudkan bagi mereka. 

Berawal dari sebuah mimpi, setapak demi setapak kami membangun tempat terapi dan sekolah khusus bagi individu yang tergolong Spektrum Autisme (SA). Seperti nama sekolah ini, Mandiga yang merupakan singkatan dari ‘Mandiri dan Bahagia’, menyediakan berbagai bentuk pelatihan untuk mengembangkan kemandirian siswa dalam sejumlah aspek hidup.

            Seluruh program dirancang sesuai dengan kondisi individu SA yang umumnya memiliki masalah sensori, tantangan dalam bahasa dan komunikasi, serta membutuhkan supervisi yang intensif. Sejalan dengan program tersebut, Mandiga menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif dengan memanfaatkan keunggulan individu SA di bidang visual.

            Untuk menambah keterampilan siswa, Mandiga mendesain berbagai kegiatan luar ruang agar mereka bisa menerapkan life skills dalam kehidupan nyata. Mereka dilatih untuk beradaptasi dengan aturan sosial dan menjaga perilaku di tempat umum, sekaligus mendapatkan kebahagiaan dari aktivitas-aktivitas menarik.

           Mandiga memberi kesempatan dan tempat untuk belajar bagi individu SA yang tidak dapat bersekolah di sekolah umum. Dalam perkembangannya, Mandiga membuka kelas terapi individual, mengadakan berbagai seminar dan pelatihan, serta menjadi ‘laboratorium’ untuk belajar tentang pendidikan khusus siswa SA.

         
    Secara lebih lengkap, Mandiga mempunyai 3 tujuan utama, yaitu:

1. Memberi penanganan dan pendidikan khusus bagi individu SA untuk mengembangkan kemampuan bina diri, komunikasi, interaksi timbal balik, pengembangan minat, dan                  akademik dasar.


2. Memberi informasi dan keterampilan yang berkaitan dengan penanganan individu SA melalui seminar dan pelatihan,


3. Memberi kesempatan bagi terapis, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memperoleh informasi tentang penanganan dan pendidikan khusus bagi individu SA.​