Remaja SA & Masturbasi

Updated: May 6, 2020



Q:

Anak saya laki-laki dan berusia menjelang 16 tahun. Ia sudah bisa mandi sendiri, meski masih diawasi oleh ayahnya atau aid teacher. Belakangan ini saya perhatikan dia sering memegang-megang alat kelaminnya. Setiap kali ditegur, ia menurut. Tapi, saya lihat dia masih melakukan hal tersebut berulang kali. Saya harus bagaimana, ya?


A:

Sama seperti remaja lain, remaja SA pun mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Misalnya, tumbuh semakin tinggi dengan cepat dan rambut yang bermunculan di berbagai bagian tubuh. Kebiasaan anak Anda memegang-megang bagian tubuh kemungkinan besar mengarah ke masturbasi. Sebetulnya, ini hal yang wajar. Banyak orang tua yang membolehkan masturbasi, selama dilakukan dalam batas-batas yang wajar. Meski begitu, banyak juga orang tua yang tidak setuju. Anda sebagai orang tua punya hak penuh untuk menentukan boleh atau tidaknya anak melakukan masturbasi.


Yang perlu Anda ketahui, saat masa-masa remaja, hormon tubuh anak Anda bergejolak. Sehingga, tak mengherankan jika mood remaja Anda jadi semakin tidak jelas. Bersamaan dengan itu, muncullah dorongan-dorongan yang berkaitan dengan seks. Dan… masturbasi menjadi salah satu dorongan yang sulit ditahan dan tak tergantikan oleh kegiatan lain, termasuk oleh kegiatan-kegiatan yang menjadi minatnya.


Seandainya Anda benar-benar melarang masturbasi, dikhawatirkan pada satu titik dorongan itu mencapai puncak. Jika itu terjadi, remaja Anda bisa marah bila dilarang melakukannya. Atau, dia akan melakukannya di sekolah dan di tempat umum saat Anda tidak mengawasinya.


Di sisi lain, jika Anda termasuk orang tua yang membolehkan masturbasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diajarkan. Yang paling utama adalah kebersihan dirinya. Pastikan dia bisa membersihkan seluruh tubuhnya dengan bersih ketika mandi dan ketika selesai berkemih. Beri tahu dia untuk melakukan masturbasi hanya di kamar atau kamar mandi di rumah dengan pintu tertutup. Ajari dia untuk membersihkan diri setelah masturbasi.



Foto: Freepik

Recent Posts

See All