Q&A: Kegiatan Memasak Bantu Picky Eater

Q:

Anak saya suka banget dengan tempe. Tempe dimasak apa pun akan dia santap dengan lahap. Tapi, dia tidak suka sayur dan lauk lain. Sudah saya coba selip-selipkan dalam masakan tempe, tetap saja dia pisahkan. Kalaupun saya masak sedemikian rupa sampai bentuk aslinya tak terlihat lagi, dia, sih, mau makan. Namun, makannya jadi lama… sekali. Mungkin dia merasakan ada sesuatu yang tidak ia sukai. Kalau terus begini, saya khawatir tubuhnya tidak cukup mendapatkan zat-zat gizi yang penting bagi pertumbuhannya. Bagaimana, ya, cara supaya dia mau menyantap jenis makanan lain?



A:

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa exposure berulang terhadap suatu jenis makanan akan membuat anak lebih tertarik untuk makan. Rata-rata anak memerlukan lebih dari 12 kali exposure sebelum akhirnya mau mencicipi. Sementara itu, bagi anak yang mengalami gangguan sensori, misalnya anak SA, kemungkinan besar memerlukan exposure yang lebih banyak lagi. Salah satu cara memberi exposure yang seru dan bebas stres adalah memasak.


Cukup banyak anak dan remaja SA yang senang memasak. Selain menyuguhkan pengalaman sensori yang berbeda, kegiatan ini dinilai sebagai kemampuan super penting bagi kesehatan anak SA. Kalau anak tergolong picky eater, Anda bisa mencoba mengajak anak terjun ke dapur agar ia bisa mengenali berbagai jenis makanan dari berbagai indera. Ia bisa melihat bentuk dan warnanya, menghirup aromanya, dan menyentuh teksturnya. Kalau ia sering menemukan bahan makanan itu di dapur, pada akhirnya ia akan mau mencicipi, karena ia merasa sudah mengenal makanan tersebut.


Mungkin Anda merasa akan repot mengajari anak di dapur. Tapi, jangan lupa, pengaruhnya cukup besar terhadap selera makan dan keinginannya untuk mencoba makanan baru. Pilih kegiatan di dapur yang sesuai dengan usia dan tingkat keterampilan anak. Kalau terlalu rumit, takutnya anak jadi tidak happy. Karena itu, cari kegiatan sederhana yang kira-kira bisa ia nikmati prosesnya. Dengan begitu, ia jadi senang berada di dapur dan harapannya ia akan mau mencoba beberapa makanan baru.



Foto: Freepik

Recent Posts

See All