Temple Grandin

Updated: May 6, 2020




Garapan Hollywood, film ini merupakan semi biografi yang mengisahkan tentang kehidupan Mary Temple Grandin, wanita SA. Temple – begitu ia dipanggil, karena nama Mary sama dengan nama karyawan keluarganya – mendokumentasikan pandangan yang ia dapatkan dari pengalaman pribadinya sebagai individu SA. 


Temple yang berasal dari keluarga kaya adalah anak yang sulit berkomunikasi dan sering tantrum. Hingga usia 4 tahun, ia belum bisa berbicara. Oleh dunia medis pada waktu itu, ia sudah didiagnosis autisme. Hanya, dulu autisme disebut-sebut sebagai salah satu bentuk schizophrenia yang katanya disebabkan oleh kurang kasih sayang ibu. Orang-orang di sekitar keluarga mereka menyarankan agar Temple dibawa ke rumah sakit jiwa. Namun, sang ibu yang berpikiran lain, kemudian mencari sejumlah terapis yang akan membantunya berbicara dan menjalin hubungan sosial. 


Seperti kehidupan sesungguhnya, Temple remaja kemudian pergi ke rumah tantenya untuk bekerja di peternakan. Di sana ada semacam kerangkeng yang berfungsi untuk menenangkan sapi yang sedang marah. Karena dirinya sendiri sering mengalami gangguan kecemasan, Temple pun menggunakan alat itu untuk menenangkan diri. Kerangkeng inilah yang belakangan menginspirasi Temple untuk membuat mesin serupa dengan fungsi yang sama. Cara kerjanya, mesin ini bisa seperti memeluk orang yang sedang cemas, sehingga ia menjadi lebih relaks. Tak mengherankan jika mesin ini kerap disebut sebagai hug box, meski nama mesin itu sendiri adalah squeeze machine. Pengembangan alat yang sempat menuai kontroversi tersebut ia lakukan ketika kuliah di Franklin Pierce College. 


Temple yang cerdas lulus sebagai sarjana dari bidang psikologi dan mendapat gelar master di bidang ilmu hewan. Dia lalu dikenal sebagai konsultan industri peternakan dan aktivis hak asasi bagi individu SA yang menerbitkan sejumlah buku, termasuk The Autistic Brain: Thinking Across the Spectrum, Thinking in Pictures, dan The Way I See It: A Personal Look at Autism and Asperger’s. Dosen yang berkarya di Colorado State University ini masuk dalam daftar 100 Most Influential People oleh TIME Magazine


Dirilis tahun 2010, film ini dibintangi oleh aktris ternama Claire Danes dan Julia Ormond. Temple Grandin juga menuai sederet penghargaan, termasuk Primetime Emmy Awards, Golden Globe, dan Screen Actors Guild. Film yang mengharukan sekaligus menggugah semangat ini wajib masuk dalam daftar tontonan Anda!


Foto: imdb.com

Recent Posts

See All