M is For Autism


Cerita buku ini berpusat pada karakter seorang remaja putri yang hanya ingin dipanggil dengan ‘M’. Entah siapa nama sebenarnya. Awal mulanya begini….


Suatu ketika ia diminta untuk mengeja sebuah kata oleh guru kelas. Ia sebetulnya sangat yakin bahwa ia tahu jawabannya, tapi entah kenapa jawaban itu tak bisa ia ingat. Rasanya ingin sekali lari keluar dari kelas, tapi dia tahu tidak akan bisa melarikan diri. Saat seluruh pandangan di kelas itu mengarah padanya, matanya berkelana ke seluruh penjuru kelas, hingga sampai pada deretan alfabet. Mendadak ia terpaku pada huruf M, huruf yang dinilainya terjepit di tengah-tengah, persis seperti yang ia rasakan.


Selama ini ia seperti dipaksa masuk ke sebuah ruangan dan terjebak di dalamnya. Ia seperti terkunci dan tidak punya kunci untuk keluar dari ruangan itu. Ia bisa memandang keluar jendela tapi tidak bisa membuka daun jendela. Namun, dia tidak tahu apakah cara ia memandang benda-benda di sekelilingnya sama seperti orang lain memandang benda tersebut.


Rasa terjebak itu muncul kembali ketika melihat huruf M yang senasib dengannya. Terhimpit. M itulah yang kemudian ia putuskan menjadi panggilannya.


Seperti remaja putri pada umumnya, M ingin sekali bisa menyatu dengan teman-teman sesama remaja, ingin punya banyak teman, ingin memakai baju yang bagus, ingin disukai oleh orang lain, dan juga ingin punya ambisi. Masalahnya, M pun menyadari bahwa ia berbeda karena harus menghadapi begitu banyak tantangan dan hambatan.


Buku fiksi yang tidak tebal ini mengungkap kisah kehidupan seorang remaja SA dari sudut pandang dirinya sendiri. Sampulnya yang menampilkan ilustrasi kekusutan seolah ingin menggambarkan kerumitan isi kepala seorang remaja SA. Caranya bertutur akan mampu membuat Anda terharu sekaligus tersenyum. Lebih menarik lagi, buku ini ditulis oleh para murid di Limpsfield Grange School dibantu oleh Vicky Martin, seorang penulis kreatif. Sekolah yang berlokasi di Inggris ini dikhususkan bagi remaja putri berusia 11 – 16 tahun yang mengalami hambatan komunikasi dan interaksi sosial.


Recent Posts

See All