I Am Sam



Seorang ayah tunggal, Sam Dawson, tinggal bersama putri satu-satunya, Lucy. Sam digambarkan sebagai pria dengan gangguan mental dan keterbatasan kecerdasan, yang mirip dengan gambaran individu SA. Sam – yang ditinggalkan oleh istrinya – tergabung dalam support group yang berisi orang-orang dengan berbagai gangguan. Sam juga mampu mencari nafkah sehingga bisa tinggal di apartemen sederhana dan menghidupi Lucy.


Lucy sendiri sangat sayang pada ayahnya. Ia senang main bareng ayahnya, berteman dengan teman-teman ayahnya, dan makan di luar berdua saja bersama ayahnya. Namun, belakangan ia malu ketika diejek teman-temannya bahwa ia lebih cerdas daripada ayahnya. Kenyataan ini membuat Sam takut kehilangan haknya mengasuh Lucy, sehingga kemudian mencari bantuan pengacara, yaitu Rita Harrison, yang menerima kasus ini secara cuma-cuma.


Sesudah sidang di pengadilan, diputuskan bahwa Lucy akan ditempatkan di rumah orang tua angkat, Randy Carpenter, yang sangat baik. Tapi, karena tak ingin berpisah dari ayahnya dan sangat sayang pada ayahnya, setiap tengah malam Lucy menyelinap pulang ke apartemen ayahnya. Setiap kali pula ayahnya segera menggendong Lucy pulang kembali ke rumah orang tua angkatnya. Sangat memahami ikatan yang kuat antara Sam dan Lucy, Randy memutuskan untuk tidak mengadopsi Lucy dan berjanji akan mengatakan pada hakim bahwa Sam mampu mengasuh Lucy dengan baik.


Dibintangi oleh Sean Penn, Michelle Pfeiffer, dan Dakota Fanning, film ini cukup menguras air mata. Bonding anak perempuan dan ayahnya akan membuat hati Anda terasa hangat dari awal hingga akhir film, walaupun tetap ada sejumlah adegan yang mengundang senyum.


Kritik negatif dan positif mengalir. Ada yang mengatakan bahwa penggambaran ketidakmampuan Sam terlalu sederhana, berbeda jauh dari kenyataan. Sementara itu, kritik yang positif mengungkap bahwa film ini menunjukkan bahwa individu SA bisa mandiri dan mengasuh anak. Terlepas dari kritik tersebut, I Am Sam masuk nominasi di beberapa ajang penghargaan bergengsi, termasuk Academy Awards. Salah satu pemenangnya adalah Dakota sebagai Best Young Performer dari Broadcast Film Critics Association.



Foto: Imdb.com

Recent Posts

See All