5 Langkah Hadapi Anak SA Yang Agresif

Updated: May 6, 2020

Tidak sedikit anak SA yang sikapnya cenderung agresif. Dia bisa menyerang siapa pun yang ada di dekatnya, termasuk orang tua, saudara, guru, atau teman sekolah. Bentuk serangannya pun macam-macam, seperti menendang, memukul bertubi-tubi, bahkan menggigit. Selain jadi tak punya teman, sikap seperti ini pun sangat membahayakan. Bukan hanya bagi ‘korban’ serangan, tetapi juga untuk dia sendiri. Bagaimana kalau temannya membalas dengan lebih keras? Atau, dia terjatuh saat menendang karena hilang keseimbangan?



Kalau tidak diatasi sejak ia masih kecil, masalah tingkah laku itu akan menetap, sementara secara fisik dia semakin besar dan semakin kuat. Dampak negatifnya juga semakin besar. Karena itu, yuk, atasi dengan 5 langkah berikut:


1. Stay calm

Suara keras yang menunjukkan kemarahan Anda justru akan membuatnya makin marah. Kalau Anda merebut benda di tangannya yang siap ia lemparkan, ia bisa memukuli Anda. Jangan lupa, ia tidak bermaksud untuk menyakiti orang lain. Ia cuma ingin mengeskpresikan kemarahan, seperti anak lain pada umumnya. Hanya saja, ia belum mengetahui cara yang tepat untuk marah, karena belum bisa bicara dengan lancar dan mengontrol tindakannya. Ketika Anda bersikap tenang, perlahan-lahan ia juga akan menjadi lebih kalem. Tunggulah sampai anak tenang dulu, kemudian ajak dia bicara dan alihkan perhatiannya pada kegiatan lain yang ia sukai.


2. Larang dengan tegas

Saat ia akan melempar-lempar barang atau memukul, segera tangkap kedua tangannya dan pegang dengan erat karena ia akan meronta. Dengan kata-kata yang sederhana, ungkapkan bahwa ia tidak boleh memukul atau melempar barang, karena itu perbuatan yang tidak baik. Katakan juga, kalau melakukannya lagi, ia akan mendapat hukuman. Tidak apa kalau ia menangis. Bisa jadi ia frustrasi karena tidak bisa mengungkapkan keinginannya.


Untuk anak yang lebih besar dan paham aturan, jelaskan konsekuensi tingkah laku yang dilarang. Misalnya, kalau ia memukul teman di sekolah, dia tidak boleh makan snack atau harus istirahat di kelas. Kalau ia merebut mainan adiknya, ia tidak bisa main komputer hari itu. Dengan begitu, anak SA akan berpikir dulu sebelum melanggar aturan.


3. Buktikan kata-kata Anda

Berdasarkan pengalamannya sendiri, anak SA bisa tahu mana kata-kata yang hanya ancaman, mana yang memang sungguhan. Artinya, kalau Anda bilang ia akan dihukum karena melempar-lempar barang, hukumlah dia secara logis. Sesudah ia tenang, mintalah dia untuk membereskan kembali mainannya yang berhamburan.


Jangan terpengaruh kalau ia kemudian menangis. Sebab, anak SA juga bisa tricky, lho, dengan meneteskan air mata buaya. Kalau Anda merasa kasihan lalu membereskan mainannya, ia akan tahu bahwa konsekuensi yang harusnya ia jalani akan batal begitu meneteskan air mata. Di kemudian hari, ia akan mengeluarkan senjata andalannya demi terhindar dari hukuman.


4. Jadilah panutan yang baik

Anak selalu meniru tingkah laku orang tua. Meski cara berpikirnya tidak sama dengan anak lain, anak SA juga meniru perilaku orang tuanya. Karena itu, agar ia tidak agresif, Anda juga jangan agresif ketika marah. Jangan marah-marah dengan suara menggelegar, jangan melempar barang, dan jangan memukul, termasuk memukul diri sendiri. Memang kenyataannya, sih, pasti akan sulit. Tapi, begitulah tantangannya.


5. Stop film dan games agresif

Bahkan film kartun anak pun banyak yang menunjukkan sikap agresif. Bagi anak SA yang memahami sesuatu secara apa adanya, dia tidak bisa memisahkan mana dunia nyata dan dunia fantasi. Karena itu, dia pikir apa yang dia tonton di film kartun merupakan kejadian nyata, sehingga dia pikir dia bisa menirunya begitu saja. Jadi, sebisa mungkin hilangkan film kartun yang agresif dari menu tontonannya.


Begitu juga games di gadget yang memicu sikap agresif. Gantilah dengan games yang edukatif, seperti puzzle atau matematika. Kalau anak sudah telanjur suka kartun yang mengandung agresivitas, jelaskan bahwa yang dia lihat adalah film animasi, dan tidak boleh ditiru dalam kehidupan sehari-hari.



Foto: Pixabay

Recent Posts

See All